Pokoke Nulis

by 01.16 0 komentar

image

"Krungu Suarane Kendang...."
Pasti semuanya pada tahu lyric lagu di atas kan? Itu lyric lagi "Pokoke Joget" yang biasa dinyanyikan di acara kesayangan sobat blogger, YKS. Inti dari lagu itu adalah bersenang-senang, yang memotivasi pendengarnya untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan. Yang penting jangan ragu-ragu untuk melakukan sesuatu. Pokoke Joget, begitu kata penciptanya. Hehe

Tapi kini, KacaMataKu punya gaya menulis yang baru untuk para penulis pemula yang ingin belajar dan memperdalam kemampuan menulis. Yakni gaya "Pokoke Nulis".

Maksud dari gaya "Pokoke Nulis' ini adalah, untuk melatih para pemula agar bisa membebaskan pikiran, kemudian meeksplorasi pikirannya dalam bentuk tulisan. Kenapa harus tulisan? Karena, tulisan merupakan bentuk penuangan pikiran yang paling praktis dan mudah dipahami (insyaallah). Jika kita sangat senang, sedih, maupun susah, kita dapat menceritakan pengalaman kita melalui tulisan.

Bagaimana menerapkan gaya pokoke nulis? Sebetulnya, jika sobat mau ini mudah, pasti akan mudah jadinya. Modelnya tidak jauh dengan menulis diary kok. Tapi sifatnya lebih spontan. Semua hal yang kita pikirkan, hanya perlu sedikit di bumbui. Sehingga jika ditata rapi akan menghasilkan tulisan yang indah dan bagus.

Gaya ini juga bisa digunakan para pelajar dalam melatih kemampuan berbahasanya (dalam hal tata bahasa). Bagaimana caranya? Gampang.. tinggal coba menulis sebuah artikel, kemudian minta pendapat kepada teman ataupun guru mengenai kesan tulisan yang telah tertulis. Jangan takut salah! Justru melalui kesalahan yang ada kita akan bisa memperbaiki tulisan kita. Mulailah menulis lagi, dan jika berkali-kali melakukan perbaikan, insyaallah kritikan akan semakin berkurang. Dan tulisan akan menjadi sangat berharga.

Bagaimana, tertarik untuk belajar menulis? Mulailah belajar dari sekarang. Agar kelak menjadi orang yang telah berpengalaman.

-Belajar perlahan dari pengalaman itu lebih baik. Dari pada belajar cepat, hanya melekat dan sewaktu-waktu dapat meloncat. -

(Terinspirasi oleh : urip.wordpress.com )

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar